Pengertian, Jenis-Jenis Beserta Fungsi RAM pada Komputer

Pengertian, Jenis-Jenis Beserta Fungsi RAM pada Komputer

Sebagai pengguna komputer, pasti kamu tidak asing lagi mengenai RAM. Hal ini disebabkan karena RAM adalah salah satu komponen terpenting dalam sebuah komputer

Namun bagi yang baru dan ingin mengetahui lebih lanjut apa itu RAM? berikut penjelasannya.

Pengertian RAM

RAM (Random Access Memory) adalah tempat penyimpanan sementara pada komputer yang isinya dapat diakses dalam waktu yang tetap, tidak memperdulikan letak data tersebut dalam memori atau acak.

Jadi RAM ini hanya sebagai penyimpanan sementara saja saat anda menggunakan komputer atau software tertentu.

Fungsi RAM

RAM memiliki beberapa kegunaan dalam program komputer, berikut beberapa fungsi RAM yang harus kalian ketahui.

1. Membaca Data

Data yang tersimpan dalam harddisk biasanya akan lebih lama ditampilkan karena dalam harddisk tersimpan banyak data dan diperlukan waktu untuk menemukannya, terutama jika data mengalami fragmentasi.

Hal tersebut, agar mengurangi kelambatan dalam sebuah proses pemanggilan data, setelah suatu file atau data pertama kali dibuka. Data akan dibaca dan disimpan dalam RAM untuk sementara sehingga data tersebut akan lebih cepat diakses saat program masih berjalan dan komputer belum dimatikan.

2. Membantu perform grafis dan pengolahan data

Ketika bermain game dengan grafis high resolution atau menonton film dengan resolusi yang tinggi maka menyetor data sangat banyak ke dalam RAM sehingga dibutuhkan RAM yang besar.

Makin besar RAM maka makin banyak pula data yang dapat diproses dalam waktu singkat. CPU akan mudah mengolah data karena pasokannya lancar sehingga tidak ada lagi hang saat menggunakan aplikasi berat.

3. Penyimpanan sementara

Selain membaca data, RAM berfungsi sebagai tempat penyimpanan data sementara saat suatu program sedang dijalankan.

Contohnya, ketika Anda mengetik di Microsoft Word atau program lainnya, kata-kata yang dituliskan akan tersimpan pada program secara otomatis, namun bersifat sementara.

Dengan menyimpan data secara sementara pada RAM maka program dapat berjalan dengan lebih cepat dan responsif.

Jenis-Jenis RAM

1. EDO RAM

EDO RAM (Extended Data Out Random Access Memory) merupakan jenis-jenis RAM yang digunakan pada perangkat dengan OS Pentium.

Jenis memori ini dapat melakukan proses penyimpanan dan mengambil data dalam waktu bersamaan.Selain itu, RAM jenis ini juga cocok dipasang pada komputer dengan bus mencapai 66 MHz.

RAM ini banyak digunakan sebab mampu menggantikan primary memori yang ada pada komputer terdahulu yakni FPM RAM.

Karena bisa menyimpan dan membaca secara bersamaan, maka kecepatan baca tulis pada EDO RAM bisa lebih cepat.

2. S RAM

Memori akses acak statik ( Static Random Access Memory, SRAM) adalah sejenis memori semikonduktor.

Kata "statik" menandakan bahwa memori memegang isinya selama listrik tetap berjalan, tidak seperti RAM dinamik (DRAM) yang membutuhkan untuk "disegarkan" ("refreshed") secara periodik.

Jadi dapat disimpulkan Static Random Access Memory atau S RAM adalah jenis RAM yang mampu menyimpan data tanpa harus ada penyegaran atau refresh dari CPU.

S RAM ini miliki proses kerja yang lebih cepat dibandingkan dengan DRAM ataupun SDRAM. S RAM biasanya miliki desain cluster lengkap dengan desain cluster enam transistor yang berguna untuk menyimpan setiap bit informasi.

Desain inilah yang membuat S RAM menjadi lebih mahal dan lebih cepat. Sayang, S RAM membutuhkan biaya produksi yang mahal.

Sehingga persedian nya juga dalam kapasitas kecil dan hanya dipergunakan untuk bagian yang benar-benar penting saja.

3. RD RAM

RDRAM (Rambus Dynamic Random Access Memory) merupakan RAM lanjutan dari DRAM. Namun jenis-jenis RAM ini telah mengalami sinkronisasi oleh clock sistem.

Umumnya, RD RAM lebih cepat dibandingkan DRAM. Kecepatan RAM ini bisa mencapai 100 hingga 133 MHz.

Kebanyakan RAM jenis ini akan banyak digunakan untuk perangkat dengan sistem operasi Pentium 4 dengan slot memori yang mencapai 184 pin.

RD RAM menggunakan slot RIMM yang sama dengan SD RAM. Di mana itu adalah sebuah teknologi chip dinamis besutan Rambus.

Inci ini juga memiliki lisensi khusus untuk teknologi semi konduktor yang memproduksi chip.

4. SD RAM

SD RAM ( Synchronous Dynamic Random Access Memory) adalah memori pertama kali yang hadir pada 1996.

Modul SD RAM telah banyak digunakan untuk komputer yang bertipe PC. Sementara pada perangkat yang memanfaatkan mikroprosesor Intel, SD RAM kerap dipasang bersama dengan Pentium MMX, Pentium III, Pentium II, Celeron, serta ada beberapa yang dipasang dengan Pentium IV.

Sementara itu, pemasangan SD RAM terhadap mikroprosesor dari AMD biasanya memori ini akan disandingkan dengan AMD Duron dan AMD Athlon.

Kecepatan yang dimiliki oleh SD RAM ketika pertama kali rilis adalah 66 MHz yang selanjutnya dikenal dengan sebutan SD RAM PC-66 yang bisa Anda temukan pada mikroprosesor Intel.

Pada akhirnya terdapat SD RAM dengan kecepatan mencapai 133 MHz yang selanjutnya juga dinamakan SD RAM PC-133. SD RAM jenis ini bisa Anda temukan di Pentium IV, AMD Duron, dan juga AMD Athlon.

5. DDR RAM

DDR RAM (Double Rate Random Access Memory) merupakan jenis-jenis RAM dengan teknologi lanjutan dari SD RAM. RAM ini mampu menjalankan dua instruksi sekaligus dalam satuan waktu yang sama.

Jenis RAM ini mempunyai kapasitas 184 pin dan mengonsumsi daya listrik yang lebih rendah.DDR RAM ini juga memiliki generasi terbaru, yaitu DDR2 dan DDR3 dan DDR4 merupakan pengembangan dari DDR RAM.

 Jenis RAM ini banyak digunakan pada laptop guna untuk menghemat daya listrik dan lebih maksimal dengan kecepatan tinggi. Untuk kapasitas memori jenis ini pun cukup besar hingga 16 GB per chipnya.

6. DRAM

DRAM (Dynamic RAM) adalah satu di antara macam RAM yang di-refresh atau segarkan oleh Central Processing Unit (CPU) secara berkala. Tujuan cara tersebut adalah agar data yang ada di dalamnya tak hilang.

Keuntungan dari DRAM ini adalah kesederhanaan struktural karena hanya membutuhkan satu transistor dan kapasitor yang diperlukan per bit, dibandingkan dengan empat buah transistor S RAM.

7. NV RAM

NV RAM (Non Volatile Random Access Memory) adalah jenis memori komputer dengan akses acak yang biasanya digunakan untuk menyimpan konfigurasi yang dilakukan oleh firmware seperti EFI, BIOS, atau firmware-firmware lainnya pada perangkat embedded misalnya router.

Pada umumnya NV RAM dirancang dengan manufaktur CMOS agar daya yang dibutuhkan juga kecil. Data yang tersimpan pada memori ini pun tidak akan hilang walaupun daya dimatikan.

 Untuk menghidupkannya agar data yang disimpan tidak hilang, maka NV RAM menggunakan baterai Litium dengan CR-2032.

Nah, itulah penjelasan mengenai RAM beserta fungsi dan jenis-jenis RAM yang terdapat pada computer. Sekarang kamu sudah tahu bukan, semoga informasi ini dapat berguna untuk kamu yang ingin mengetahui mengenai RAM.

 

 

 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Intel Core i5 Setara dengan Amd apa?

CPU : Komponen dan Fungsinya Pada Komputer

Mengenal Perangkat Keras Pada Komputer Lengkap dengan Fungsi dan Contohnya