Mengenal Apa itu Monitor Komputer dan Jenisnya

 

Salah satu satu perangkat yang banyak dipakai oleh banyak orang saat ini adalah Komputer. Tahukah kamu apa-apa saja di dalam komputer tersebut? Untuk mengetahui hal itu, di bawah ini kami akan memberikan penjelasan mengenai salah satu perangkat keras yang ada di dalam komputer yaitu Monitor.

Apa itu Monitor?

Monitor adalah sebuah perangkat keras yang berfungsi untuk menampilkan seuah proses dari dalam komputer dalam bentu teks, gambar, visual, atau dalam bentu apapun yang disediakan di dalam komputer.

Keberadaan monitor sangat penting untuk komputer. Karena tanpa monitor, komputer tidak akan bisa jalan atau tidak dapat digunakan. Itulah mengapa monitor sangat penting untuk ada di dalam sebuah komputer.

Fungsi Monitor

Segala seusatu yang ada saat ini pastinya memiliki fungsi tertentu. Sama halnya dengan monitor. Monitor di dalam komputer memiliki fungsi untuk menampilkan semua hasil atau data yang kamu kerjakan di dalam komputer dalam bentu teks, gambar, video visual, dan lain sebagainya.

Monitor sendiri memiliki resolusi yang berbeda-beda tergantung ringkat resolusi yang ada pada monitor tersebut. Misalnya, jika sebuah layar monitor memiliki ukuran 17 inci maka resolusi yang dimiliki dar monitor itu adalah 1024x768.

Inci sendiri memiliki pengertian sebagai ukuran diagonal dari sebuah monitor, sedangkan untuk resolusi adalah sebutan untuk lebar dan tinggi pixel yang dapat menentukan kualitas gambar yang akan muncul di dalam monitor.

Jenis-jenis Monitor

Mungkin kamu piker jika monitor hanya ada 1 jenis dan sama pada semua merek computer. Penyataan itu sepenuhnya salah, karena sebenarnya monitor memiliki 4 jenis yang dapat dibedakan sesuai dengan fungsinya.

Untuk mengetahui jenis monitor tersebut, di bawah ini sudah kami berikan 4 jenis monitor beserta pengertiannya yang wajib kamu ketahui. Apa sajakah itu? Simak ulasan di bawah ini untuk mengetahuinya.

1. CRT (Chatode Ray Tube)

Jenis monitor yang pertama adalah CRT. Monitor kerap disebut sebagai monitor tabung. Pastinya bukan tanpa alasan jika monitor CRT disebut dengan monitor tabung. Hal itu dikarenakan, monitor ini memiliki sebuah media yang berbentuk tabung sinar katoda.

Monitor ini dapat bekerja dengan cara meamncarkan sinar electron ke sebuah titik-tiitik kecil di dalam layar. Konsep kerja dari monitor tabung ini cukup mirip dengan televisi tabung zaman dulu yang cukup berat. Meskipun ukuran dar monitor ini cukup ebsar namun harga dari monitor ini cukup murah.

2. LCD (Liquid Crystal Display)

Monitor selanjutnya adalah LCD yang mungkin sudah cukup familiar untuk sebagian orang. Monitor yang satu ni sudah tidak menggunakan tabung untuk menampilkan gambar, karena monitor ini sudah menggunakan media cairan kristal.

Teknologi canggih ini bekerja dengan memancarkan sinar melalui kristal cari lalu akan dipancarkan secara elektrik untuk membentu sebuah panel-panel kecil datar. Monitor LCD ini memiliki resolusi yang lebih tinggi dibandingkan dengan monitor CRT, dan ukurannya lebih ramping.

3. LED (Light Emitting Diode)

LED adalah sebuah monitor yang memiliki bentuk lebih ramoing dan kecil dibandingkan dengan LCD. Monitor ini juga memiliki konsumsi daya listrik yang relative kecil dan lebih hemat dibandingkan dengan monitor LCD. Namun, untuk mendapatkan jenis monitor ini kamu harus rela mengeluarkan uang cukup banyak.

4. Monitor Plasma

Jenis monitor yang terakhir adalah monitor plasma yang memiliki gas neon di dalamnya. Gas neon ini akan dialiri listrik dan menciptakan pixel yang dibatasi dengan 2 plat kaca.

Monitor plasma juga memiliki kualitas yang lebih unggul dibandingkan dengan jenis monitor sebelumnya karena pembuatan gambar ini dilakukan secara langsung.

Itulah pengertian monitor dan jenis-jenis monitor yang wajib kamu ketahui. Semoga ulasan kami dapat membantu dan selamat mencoba!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Intel Core i5 Setara dengan Amd apa?

CPU : Komponen dan Fungsinya Pada Komputer

Mengenal Perangkat Keras Pada Komputer Lengkap dengan Fungsi dan Contohnya