Fungsi dan Cara Kerja Proyektor LCD



Komputer memiliki banyak komponen yang mungkin saja masih ada yang belum kamu ketahui. Baik dari perangkat keras hingga ke perangkat lunaknya. Salah satu perangkat keras komputer yang jarang diketahui fungsinya adalah Proyektor LCD. Berikut penjelasannya.


Proyektor LCD


Proyektor LCD adalah salah satu perangkat keras komputer yang bertugas menampilkan video, gambar, maupun data dari komputer pada sebuah layar atau suatu permukaan datar seperti tembok.


Pendahulu Proyektor LCD ini ialah Overhead Projector (OHP) yang memiliki fungsi sama, namun data pada OHP masih berupa tulisan di kertas bening.


Penemu pertama alat ini adalah seorang berkewarganegaraan Amerika Serikat bernama Gene Dofgoff. Pada tahun 1968, dia mulai bekerja di sebuah kampus yang memiliki tujuan tersendiri, yaitu memproduksi sebuah video proyektor.


Dan berkat kerja kerasnya, pada tahun 1988 beliau mendapatkan hak paten di seluruh dunia untuk hasil karyanya tersebut. Produk pertamanya itulah yang disebut Overhead Projector (OHP).


Fungsi Proyektor LCD


Kini OHP yang sudah mengalami kemajuan menjadi Proyektor LCD. Fungsi dari alat inipun semakin beragam, seperti berikut:


1. Alat presentasi


Kini Proyektor LCD banyak digunakan dalam bidang perkuliahan dan perkantoran. Penggunanya akan menampilkan presentasinya melalui alat ini karena dirasa lebih efisien serta suasana rapat atau presentasi di perkuliahan pun menjadi lebih menarik.


Kamu tidak hanya melihat hasil presentasi berupa teks saja, namun gambar bergerak ataupun tidak, sudah bisa kamu lihat dengan jelas pada layar atau permukaan dinding yang terkena cahaya Proyektor LCD.


2. Media Informasi


Memiliki fungsi yang hampir sama dengan alat presetasi, Proyektor LCD ini akan menampilkan teks, gambar maupun video dalam bentuk ukuran yang jauh lebih besar. 


3. Sarana Hiburan


Proyektor LCD dapat dialih fungsikan dari alat presentasi menjadi sebuah mesin proyektor yang dapat menampilkan film layaknya sedang berada di bioskop. Dengan alat yang satu ini, kamu tidak perlu repot-repot lagi pergi kebioskop untuk menonton film dengan layar yang besar.


Cara Kerja Proyektor LCD


Cara kerja Proyektor LCD berdasarkan prinsip pembiasan cahaya yang dihasilkan oleh panel-panel LCD. Semua panel itu dibuat terpisah menurut masing-masing warna dasarnya, seperti merah, hijau, dan biru (R-G-B).


Melalui ketiga panel itu, warna gambar yang diteruskan proyektor akan disatukan oleh sebuah prisma khusus. Kemudian gambar yang telash disatukan, dilewatkan melalui lensa yang selanjutnya dijatuhkan pada layar sehingga dapat dilihat sebagai gambar utuh.


Gambar tersebut juga memiliki kedalaman warna bagus. Hal ini terjadi karena warna yang dihasilkan oleh panel LCD langsung dibiaskan melalui lensa menuju layar. Proses ini juga menghasilkan gambar yang jauh lebih tajam dibandingkan pendahulu Proyektor LCD.


Perangkat keras komputer yang satu ini memiliki kelebihan dari segi penggunaan cahayanya yang terlihat lebil efisien, sehingga dapat memproduksi “ansi lumens” yang lebih tinggi dibandingkan pendahulunya.


Segala sesuatu yang memiliki kelebihan, pasti memiliki kelemahan juga. Kelemahan pada Proyektor LCD ini adalah besar piksel yang terlihat jelas pada gambar yang mengakibatkan teknologi Proyektor LCD kurang cocok untuk memutar film. Karena disaat melihat film, seperti sedang melihat dari mata yang terhalang selaput katarak alias kurang jelas.


Nah itulah informasi seputar fungsi dan cara kerja Proyektor LCD. Semoga bermanfaat dan sampai ketemu di informasi-informasi berikutnya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Intel Core i5 Setara dengan Amd apa?

CPU : Komponen dan Fungsinya Pada Komputer

Mengenal Perangkat Keras Pada Komputer Lengkap dengan Fungsi dan Contohnya