CPU : Komponen dan Fungsinya Pada Komputer

CPU : Komponen dan Fungsinya Pada Komputer

Halo teman-teman…Sudah pernahkah kamu mendengar kata “CPU”? Mungkin bagi kalian orang awam akan merasa asing dengan kata yang satu ini, bukan?

CPU atau sering disebut dengan Processing merupakan bagian dari perangkat keras komputer yang memiliki tugas untuk menerima dan menjalankan perintah sebagai perangkat lunak , sehingga tak jarang  CPU sering disebut sebagai prosesor dengan kualitas teknologi CPU yang akan digunakan.

CPU merupakan singkatan dari Central Processing Unit yang jika diartikan dalam bahasa Indoneisia adalah prosesor yang memiliki tanggung jawab untuk menjalankan instruksi pada perangkat komputasi.

Pada dasar kecepatan CPU dalam menjalankan perintah data dari perangkat lunak computer sangat tegantung pada frekuensi CPU itu sendiri.

Umumnya, Semakin tinggi kecepatan prosesor maka semakin cepat untuk menjalankan kinerja komputer untuk produksi CPU mereka sebagai INTEL dan AMD.

Lantas, komponen apa yang ada pada CPU? Apa fungsi CPU pada computer? Mari kita bahas.

Komponen dan Fungsi CPU Pada Komputer

1. Komponen Pada Komputer

Unit Kontrol 

Untuk komponen pertama yang terdapat didalam CPU yakni Unit kontrol.  Komponen yang satu ini memiliki peranan untuk mengatur jalan nya program.

Selain itu, tugas dari CPU yakni memproses intruksi yang berasal dari memori utama dan menentukan jenis intruksi yang telah diproses.

Pengolahan data yang telah dilakukan oleh CPU nantinya akan di bawa ke unit kendali ke memori utama untuk di simpan.

Selanjutnya CPU akan akan mengambil kendali penuh terhadap computer sehingga dapat saling bersinkronnan dengan komponen lain sehingga dapat menjalankan tugas secara efektif.

Register 

Komponen berikutnya yang ada dilam CPU yakni Register.

Komponen yang satu ini merupakan salah satu komponen yang berupa alat penyimpanan yang mempunyai ukuran kecil, namun dilengkapi dengan kecepatan aksesnya cukup tinggi.

Komponen Register pada CPU memiliki tugas untuk menyimpan sebuah data atau instruksi yang sedang diproses. Memori yang satu ini mempunyai sifat sementara, sehingga hanya mampu menyimpan data yang sedang diolah atau data yang akan dipakai untuk proses selanjutnya.

Arithmetic Logic Unit 

Komponen yang berada didalam CPU berikut nya adalah Arithmetic Logic Unit.

Komponen CPU yang satu ini mempunyai tugas untuk melakukan operasi aritmatika serta operasi logika yang dilakukan berdasarkan instruksi yang ada.

Pada dasar nya komponen yang satu ini dapat dibagi menjadi dua, yakni unit aritmatika dan unit logika, yang mana masing-masing komponen mempunyai tugasnya masing-masing.

Komponen ini menjalankan tugas utama yakni melakukan semua perhitungan aritmatika berdasarkan instruksi dari sebuah program.

2.  Fungsi CPU Pada Komputer

Fungsi Storing

Fungsi  yang pertama dari CPU yaitu menjalankan fungsi storing, dimana pada fungsi ini CPU akan menjalankan peran sebagai penyimpan data.

Dengan begitu, kalian yang akan memakai perangkat komputer akan memerlukan perangkat untuk menyimpan data secara permanen.

Fungsi Decoding 

Fungsi dari CPU yang berikutnya adalah menjalankan fungsi decoding.

Fungsi yang satu ini dikenal sebagai sistem CPU dengan program yang dapat dioperasikan dengan menggunakan kode instruksi, sehingga dapat diterjemahkan oleh CB yang bisa mengenalinya di kode biner.

Sehingga decoding menjadi sebuah proses yang memiliki kemampuan untuk menerjemahkan sebuah program ke dalam bahasa yang mampu dimengerti oleh CPU, sehingga dapat diterapkan ke dalam semua program.

Fungsi Executing 

Fungsi yang dijalankan oleh CPU pada computer yang berikut nya adalah fungsi executing.

Dimana fungsi yang satu ini merupakan sebuah program yang dijalankan oleh CPU yang bisa melakukan sesuatu. Hal ini memungkinkan perhitungan dapat memanfaatkan komponen CPU.

Sehingga tak jarang fungsi yang satu ini juga sering disebut dengan ALU atau Arithmetic Logical Unit, yang mana fungsi yang satu ini memegang peranan penting untuk seluruh proses komputasi logis pada komputer ataupun perangkat lainnya.

Fungsi Fetching 

Fungsi CPU pada computer yang terakhir yakni menjalankan fungsi fetching.

Fungsi fetching adalah istilah yang sering dipakai dalam komputasi sebagai memanggil atau mengambil sebuah data.

Hal ini membuat perangkat komputasi data bisa disimpan menggunakan alamat di hardisk CPU. Intinya, fungsi yang satu ini tidak jauh berbeda dengan data dalam prosesor CPU yang diatur oleh alamat program yang dijalankan CPU dengan mengambil data dalam komponen.

Nah, itulah beberapa komponen yang ada pada CPU serta fungsi CPU pada sebuah computer. Semoga pembahasan kita kali ini dapat menambah wawasan kalian ya. Terimakasih sudah mengunjungi blog ini.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Intel Core i5 Setara dengan Amd apa?

Mengenal Perangkat Keras Pada Komputer Lengkap dengan Fungsi dan Contohnya